Minggu, 31 Januari 2016

genetika



Genetika adalah ilmu yang berhubungan dengan studi dan pemahaman tentang faktor keturunan, evolusi, perkembangan, ekologi, biologi molekuler dan ilmu forensik. Seorang ilmuwan Jerman dengan nama Gregor Johann Mendel adalah pendiri pertama Genetika, maka ia juga dikenal sebagai bapak genetika. Dia pertama kali menunjukkan pewarisan sifat pada tanaman kacang dan kemudian disebut sebagai pewarisan Mendel.
Advertisement

Konsep utama di balik mempelajari genetika adalah:
Genetika menjelaskan bagaimana sifat diwariskan dari orang tua untuk anak mereka.
Genetika juga menjelaskan tentang jumlah gen dan kromosom yang ada dalam individu dengan kepentingan mereka.
Variasi Spesies
Istilah variasi dapat didefinisikan sebagai berbagai perbedaan antara organisme individual. Hal ini terjadi dalam spesies. Perbedaan misalnya antara individu manusia. Variasi ini adalah dari dua jenis:
Variasi kontinyu: Dalam variasi ini semua jenis fitur memiliki distribusi normal. Sebagai contoh: Ketinggian individu manusia, lebar daun, berat kucing, dll
Description: Variasi kontinyu
Gambar ini menunjukkan contoh variasi kontinyu – ketinggian individu manusia.
Variasi diskontinu (terputus): Dalam hal ini, hanya ada beberapa fitur yang termasuk dalam kategori variasi terputus-putus. Sebagai contoh: warna yang berbeda dari bunga dalam spesies tumbuhan, berbagai jenis golongan darah pada manusia individu, berbagai jenis cuping telinga, dll
Gambar ini menunjukkan contoh variasi terputus – warna yang berbeda dari bunga dalam spesies tanaman tunggal
Description: warna bunga
Keturunan
Istilah Keturunan dapat didefinisikan sebagai proses mentransfer karakter atau ciri-ciri dari orang tua kepada keturunannya. Dalam proses transformasi, karakter akan ditransfer melalui gen yang hadir dalam DNA. DNA ini adalah hadir dalam kromosom, yang hadir dalam inti sel. Mentransfer karakter, termasuk kontribusi jumlah yang sama materi genetik dari kedua orang tua (ayah dan ibu) untuk anak-anak mereka.
Ekspresi Gen
Sebelum pindah ke ekspresi gen, mari kita tahu sesuatu tentang gen.
Apa yang dimaksud dengan Gen?
Gen adalah segmen DNA, yang berisi segala macam informasi yang diperlukan untuk pengkodean beberapa fungsi penting. Oleh karena itu gen yang disebut sebagai unit informasi. Setiap sel dalam organisme memiliki satu set yang sama gen. Gen ditransfer dari orang tua kepada keturunan mereka. Istilah Gen ini diciptakan oleh ilmuwan bernama Johann sen pada tahun 1909.
Ekspresi gen adalah aktivasi gen, yang menghasilkan protein. Ekspresi gen adalah proses dimana informasi genetik yang digunakan dalam sintesis gen. Proses ini umumnya digunakan dalam semua eukariota, prokariota dan virus untuk menghasilkan mesin makromolekul hidup.
Kode genetik
Sebuah kode yang berisi semua jenis informasi genetik, yang hadir dalam urutan nukleotida DNA atau RNA dan kemudian diterjemahkan menjadi protein oleh sel-sel hidup. Kode-kode ini dapat dinyatakan baik sebagai kodon RNA atau kodon DNA. Kode tersebut menginstruksikan gen untuk memandu sel untuk membuat protein tertentu. A, T, G, C adalah huruf abjad dari kode DNA. Huruf-huruf ini berdiri untuk adenin, timin, guanin dan sitosin, yang benar-benar membentuk basa nukleotida DNA. Setiap kode empat bergabung dengan bahan kimia untuk sintesis protein.
Struktur DNA
DNA disebut cetak biru kehidupan karena mengandung semua jenis instruksi untuk membuat protein dalam sel. Ini adalah polimer yang sangat panjang dan bentuk dasar DNA adalah seperti tangga bengkok. Oleh karena itu juga disebut sebagai heliks ganda DNA. Tulang punggung molekul DNA adalah fosfat, gula deoksi ribosa dan basa nitrogen. Informasi dalam DNA disimpan sebagai kode terdiri dari empat basa kimia: adenin (A), guanine (G), sitosin (C), dan timin (T).
Description: struktur dna
Pewarisan genetik
Hal ini dapat didefinisikan sebagai transformasi sifat dari orang tua kepada keturunannya. Setiap orang memiliki dua salinan dari setiap gen antara yang satu warisan dari sel induk dan satu lagi adalah warisan dari sel ayah.
Penyebab Variasi dan Evolusi
Ada terutama dua faktor, yang bertanggung jawab untuk variasi dan evolusi spesies. Mereka adalah:
Variasi genetik: Dalam hal ini, perbedaan variasi ini terutama disebabkan adanya DNA di dalam sel-sel dari organisme. Fitur dari masing-masing spesies akan berbeda dalam warna, ukuran dan bentuk karena mereka berasal dari orang tua dengan alel yang berbeda, yang kode untuk karakteristik yang berbeda.
Description: variasi bentuk
Gambar ini menunjukkan contoh variasi genetik dalam bentuk tomat.
Variasi lingkungan: Dalam hal ini perbedaan variasi terutama disebabkan oleh kondisi lingkungan eksternal seperti air, cahaya, suhu, angin, nutrisi, pH tanah, dsb Misalnya: Semua fitur dari spesies tanaman akan genetik identik tetapi perbedaan terutama terlihat pada warna bunga, yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan.
Description: bunga dahlia
Gambar ini menunjukkan contoh variasi lingkungan pada spesies tanaman, yang secara genetik identik tetapi perbedaan terutama terlihat pada warna bunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar